6 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa hingga Lebaran untuk Menjaga Kesehatan Ekonomi Anda

Kenaikan harga Barang Pokok atau Sembako di Bulan puasa pasti Akan terjadi. sekitar 5%-10% harga sembako pasti akan meningkat, lalu bagaimana untuk mensiasati kenaikan harga tersebut dengan keadaan keuangan Anda. Jagalah kondisi Kesehatan Ekonomi Anda dengan tips dibawah ini
cara mengatur Keuangan di bulan Ramadhan
 
6 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa hingga Lebaran untuk Menjaga Kesehatan Ekonomi Anda ~ Sahabat Keep Healthy, di bulan Ramadhan ini Anda harus mempersiapkan dan menjaga kondisi keuangan dengan baik. Bulan puasa bukan berarti pengeluaran Anda akan berkurang selama puasa. Biasanya pengeluaran akan lebih membengkak daripada bulan-bulan biasanya. Banyak sekali faktor-faktornya, seperti biaya makan di luar bersama teman-teman seperti ajakan buka bareng yang sering dilakukan. Kalau sering dilakukan bisa menjadi bumerang bagi keuangan Anda sendiri.
Ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan di bulan puasa dan lebaran ini, berikut 6 cara mengatur keuangan di bulan puasa:

1. Buat Rencana Keuangan Puasa

Selama bulan puasa buatlah daftar yang jelas untuk bisa menentukan apa saja kebutuhan yang menjadi prioritas Anda dalam mengalokasikan penghasilan. Sisihkan uang untuk makanan sahur dan berbuka, lalu kemudian tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai dengan kebutuhan. Anggaran tersebut berupa untuk membeli baju atau barang baru bagi Anda dan keluarga, juga untuk zakat dan sedekah. Dengan perhitungan yang matang maka rencana keuangan akan lebih jelas.

2. Pengeluaran Hari Raya

Perhitungkan juga pengeluaran yang dikhususkan untuk hari raya Idul Fitri, biasanya banyak harga bahan pokok yang meningkat. Pengeluaran Anda akan semakin banyak untuk keperluan yang satu ini. Perhitungkan juga untuk membelikan hadiah bagi saudara, bila ada anggaran untuk memberikan THR untuk keponakan juga siapkan dengan baik, juga untuk biaya mudik. Pengeluaran untuk menyambut hari raya ini harus dipikirkan sebaiknya dan dilakukan dengan teratur, jangan sampai mengganggu finansial Anda sendiri apalagi sampai berutang pinjaman.

3. Catat Pengeluaran Harian

Catatan ini berguna untuk mengingatkan Anda untuk terus berhemat dengan mengeluarkan uang untuk keperluan saja. Hal ini bisa memantau ke mana saja uang yang Anda habiskan selama satu hari. Dengan sendirinya akan membawa kebiasaan Anda untuk berhemat dan selalu tahu berapa banyak uang yang dihabiskan.

4. Jangan Sering Berbuka Bersama

Aturlah waktu berbuka bersama, biasanya akan banyak acara-acara buka bersama dengan berkumpul bersama teman-teman pada masa sekolah. Namun jangan sampai hampir setiap hari berbuka di luar, tentunya akan membuat Anda boros. Buatlah anggaran sesekali berbuka di luar bersama keluarga dan teman. Sebaiknya kalau tidak terlalu penting acaranya lebih baik berbuka puasa di rumah dengan makanan yang lebih sehat.

5. Tahan Keinginan Berbelanja

Bulan Ramadhan banyak sekali promo dan diskon menarik yang bisa membuat Anda tergiur, tahanlah diri Anda untuk tidak boros. Lebih baik prioritaskan dulu segala kebutuhan  pokok Anda selama bulan ini, kemudia barulah pakai uang Anda untuk berbelanja.

6. Komitmen dengan Rencana Keuangan

Fokus dan komitmen dalam menjalankannya, dengan komitmen yang teguh akan bisa membuat Anda lebih bisa mengatur keuangan menajdi lebih mudah dan pengeluaran yang  bisa lebih terkontrol lagi.

Demikianlah Sahabat keep healty tentang  6 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa hingga Lebaran untuk Menjaga Kesehatan Ekonomi Anda, semoga Anda dapat menerapkan tips diatas dengan baik untuk menjaga Kesehatan Ekonomi Anda. bila ada Tips yang lebih menarik silahkan berkomentar di kolom komentar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa hingga Lebaran untuk Menjaga Kesehatan Ekonomi Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel