6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog

6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog ~ Sahabat Keep Healthy yang budiman. Anda baru dan ingin mencoba dalam menulis di dalam blog. berikut kami sampaikan langkah-langkah dalam membuat blog yang sehat. Blogger atau ngeblog adalah suatu kegiatan untuk mengembangkan kreatifitas kita dalam menulis sebuah Artikel atau karangan yang kita miliki. kreatifitas dapat kita lakukan jika kita dapat berpikir dengan sistematis dan memiliki daya khayal yang tinggi. dalam membuat blog, sahabat bisa menggunakan domain gratis yang dimiliki oleh google yaitu Blogger dan bisa juga diluar Google yaitu Wordpress atau bila kalian sangat serius dalam mengembangkan tulisan anda menjadi sebuah usaha atau bisnis anda juga dapat membuat blog dengan domain khusus yang berbayar seperti domain yang saya buat ini Keep Healthy yang saya beli di Namecheap dengan harga lumayan murah, cuma dibawah 10 dolar aja.


belajar ngeblog
Baiklah sahabat berikut adalah 6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog :

1. Tujuan Anda Ngeblog
Tujuan membuat blog sangatlah penting, karena kemana arah blog ini bergantung pada tujuan yang telah Anda tetapkan. Misalkan Anda membuat blog untuk tujuan berbagi informasi seputar kesehatan dan tips maka Anda harus menguasai apa yang ingin anda informasikan tersebut.

2. Menentukan nama Domain.
Setelah Anda telah menemukan tujuan Anda membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain atau alamat blog Anda. Misalnya blog yang akan anda buat berisi seputar informasi dan memberikan tips seputar Kesehatan, maka domain Anda seharusnya juga berkaitan dengan topik blog Anda tersebut. Misalnya www.keep-healthy.club

3. Mencari Template Blog yang Sesuai dan Merancangnya
Usahakan tampilan template blog Anda tidak terlalu ramai akan widget-widget yang tidak penting. Karena hal tersebut bisa memberatkan loading blog.

Jika Anda menguasai sedikit pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP, atau Javascript mungkin hal tersebut akan mudah, namun bagi Anda yang tidak memiliki skill dibidang tersebut maka Anda cukup mengatur Blog Anda dengan posisi-posisi widget atau gadget yang nanti akan ditaruh di blog Anda.
Ingat, jangan lauching blog Anda sebelum struktur template Anda benar-benar matang. Struktur template di sini bisa meliputi : Tampilan Blog, Permalink blog, letak widget, Title / Deskripsi blog termasuk meta title dan deskripsinya, Breadcrumd (navigasi , mungkin bagi sudah bisa dapat membuatnya.),Auto Readmore, Related Post, Random Post dan lain-lain

4. Usahakan Jangan Copy Paste Blog tetangga dalam menulis di blog Anda
Ini hal yang sering dilakukan Blogger Pemula yang hanya memposting artikel dari blog lain ke Blog nya. Anda boleh Copy Paste, tapi hanya intinya saja, selanjutnya Anda tulis kembali dengan bahasa dan gaya penulisan Anda. Dan nantinya Anda akan punya kepuasan tersendiri.

5. Artikel harus sesuai dengan topik Blog Anda.
Blog Anda misalnya tentang Informasi Pendidikan, maka Anda dalam memposting ya harus seputar Pendidikan dan itu adalah Niche blog Anda. Dan postinglah Artikel minimal 500 kata. lalu Anda bertanya mengapa blog ini Keep Healthy yang notebene tentang kesehatan tetapi kok memposting tentang blog, maaf sahabat saya posting tentang blog juga dihubungkan kedalam kesehatan, semisal postingan kali ini yaitu tentang 6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog, ini saya kategorikan atau saya beri label tentang Kesehatan Blog

6. Buat Page atau Halaman dan Kategori seperlunya.
Page atau Halaman seperti Kontak Kami, Tentang Kami, hal tersebut dibuat seperlunya saja dan dalam membuat Kategori Struktur Kategori harus jelas Antara Parent Categories dan Sub Categories. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung Blog Anda mudah untuk mencari informasi yang ada di blog Anda.

Jika semua sudah, Anda tinggal optimasi Blog Anda agar mendapatkan visitor. Sebagai contoh Anda dapat mendaftarkan blog Anda ke Search Engine seperti Google melalui layanan www.freewebsubmission.com atau ke Blog Directory seperti BlogTopList, MyBlogLog, Technorati dan lain-lain.

Selain itu Anda juga dapat mensubmit Artikel Anda ke Social Bookmarking seperti Digg.com, VLog, LintasBerita.com dan lain-lain. Atau mungkin Anda juga membuat Fans Page dan Twitter khusus untuk Blog Anda nanti diset setiap ada artikel update otomatis update juga ke Fans Page dan Twitter Anda, sehingga para Fans dan Follower bisa mengunjungi Blog Anda.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Jadi lucu kan jika Blog Anda hanya Anda yang menulis dan parahnya lagi Anda yang mengunjungi sendiri. Mungkin itu saja yang dapat saya share kali ini yaitu 6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog , jika ada tambahan silahkan komentar di bawah ini. Dan Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Langkah Ampuh yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel